loading...

Saturday, April 28, 2018

3 LANGKAH DAN CARA BENAR MENANGANI ORANG PINGSAN BAGI ORANG AWAM

3 LANGKAH DAN CARA BENAR MENANGANI ORANG PINGSAN BAGI ORANG AWAM



Infuset - Menurut Wikipedia, Pingsan adalah kondisi seseorang yang kehilangan kesadaran yang mendadak, dan biasanya sementara, yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Orang pingsan perlu penanganan yang benar. Agar tidak terjadi kesalahan, yuk kita simak Langkah dan Cara yang benar dalam menangani orang pingsan.


Langkah dan Cara Benar Menangani Orang Pingsan


1. Jaga Keamanan Korban

Menjaga keamanan korban adalah yang utama, keamanan yang dimaksud adalah seperti membuatnya aman dari berbagai hal yang membahayakan seperti benturan. Jika melihat ada seseorang yang hendak pingsan, segeralah tangkap tubuh orang tersebut karena dikhawatirkan kepala akan membentur lantai atau benda keras yang ada disekitar korban.

Setelah memastikan korban aman dari benturan, hendaknya membaringkan korban ditempat yang tidak mengganggu orang sekitar yang berpotensi terjadi kerumunan. Karen jika terjadi kerumunan maka membuat oksigen yang diterima korban pingsan berkurang sehingga bisa mengakibatkan korban pingsan sesak nafas.

Jika sudah dirasa aman, Baringkan secara perlahan dan jika ada suatu pakaian atau aksesoris diri yang berpotensi menghambat pernafasan, hendaknya dijauhkan atau dilepas.

2. Coba Menyadarkan

Upaya menyadarkan orang yang pingsan bisa dilakukan setelah korban dipastikan aman pada poin kesatu diatas. Cara menyadarkannya yaitu dengan memanggil nama korban pingsan atau dengan menepuk bagian pundak hingga beberapa kali.

Jika korban pingsan tidak merespon, anda bisa memanggil petugas kesehatan. Seraya menunggu petugas datang, anda bisa kembali mencoba menyadarkan korban dengan cara lainnya seperti memercikan air ke wajah korban atau bisa dengan bebauan menyengat seperti minyak angin kebagian indera penciuman korban pingsan agar menerima respon tersebut.

3. Dilarang Ceroboh

Kadang banyak orang yang pingsan segera diberi minum, padahal hal tersebut tidak dibenarkan karena bisa membuat tersedak dan akan menjadikan jalan nafas terhalang. Memberi minuman hanya dibenarkan ketika orang yang pingsan sudah siuman atau sadar.

Selain minum, orang juga biasanya membaringkan orang pingsan dengan ganjalan dikepala seperti bantal. Padahal hal tersebut kurang tepat. Lebih bagus orang yang pingsan dibaringkan pada permukaan datar tanpa alas atau penopang kepala. Hal tersebut agar aliran darah keotak lancar. ketika Petugas Kesehatan datang, hendaknya membiarkan petugas memberikan pertolongan dan jangan mengganggu.

Itulah langkah dan cara benar dalam menangani orang yang pingsan, cara tersebut merupakan cara yang bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Terimakasih

loading...

0 komentar