loading...

Tuesday, April 24, 2018

Penyalahgunaan Obat dan Efeknya : Dextromethorpan Si Obat Batuk


Penyalahgunaan Obat dan Efeknya : Dextromethorpan Si Obat Batuk 



Infuset - Seperti yang sudah kami ulas pada artikel penyalahgunaan obat Carnophen, bahwa jikalau manusia zaman now sudah pintar. Disaat satu obat sudah susah didapat, maka akan mencari persamaannya. Itulah yang terjadi saat ini disaat Dextromethorpan si obat batuk berbentuk tablet sudah sulit ditemukan, maka cari persamaannya. Mabuk Komix

Sudah menjadi rahasia umum bahwa obat batuk Dextromethorpan sejak zaman dulu sudah disalahgunakan sebagai obat pengantar mabuk. Zaman dulu, Dextromethorpan banyak dijual tablet butiran. Mau 100 butir monggo, mau 50 ayo. Dijual tanpa kemasan strip atau blister. 


Semua tau, si pembeli pasti akan memakainya sebagai bahan untuk mabuk. Bukan untuk pengobatan. Dewasa ini, Dextromethorpan tablet seperti itu sudah sulit ditemukan. Para pemabuk yang ingin harga ekonomis pun berfikir dan mencari persamaannya. Tidak lain Dextromethorpan dalam kemasan lain yaitu merk Komix sirup yang notabene cukup terjangkau. Obat ini juga untuk meningkatkan kualitas tidur pada penderita batuk.

Efek dikonsumsi secara berlebihan

Apabila dikonsumsi secara berlebihan dengan dosis tidak wajar muncul efek overdosis seperti pingsan atau kesulitan bernapas, segeralah menghubungi dokter dan tenaga medis. Beberapa efek lain yang mungkin muncul adalah seperti  detak jantung cepat, muntah parah, berkeringat, gugup, euforia, halusinasi, kesulitan berjalan, dan rasa kantuk yang parah.


Efek dari overdosis dextromethorphan dengan kadar konsumsi 100 - 200mg, adalah stimulasi ringan. Konsumsi 200 - 400mg, euforia dan halusinasi. Konsumsi 300 - 600mg, gangguan penglihatan dan hilangnya koodinasi gerak tubuh. Konsumsi 500-1500mg, sedasi disosiatif yaitu seperti perasaan bahwa jiwa dan raga terpisah.

Untuk saat ini, Tidak ada lagi Dextromethorpan dalam bentuk tunggal, selalu dalam kombinasi dengan obat batuk dan pilek lainnya. Kombinasi yang banyak di pasaran adalah dengan paracetamol, CTM, pseudoephedrine,guaifenesin,triprolidine,phenylpropanolamine, ammonium chloride dan diphenhydramine.

Last, penyalahgunaan Dextromethorpan alias Dekstro memang cukup mengkhawatirkan, pengawasan pada orangtua, lingkungan dan penjual sangat diperlukan untuk mencegah penyalahgunaan Dextromethorpan.

0 komentar