loading...

Sunday, April 22, 2018

Penyalahgunaan Obat dan Efeknya Carnophen : Zenith


Penyalahgunaan Obat dan Efeknya Carnophen : Zenith 

detikkasus.com

Infuset - Tidak bisa dipungkiri, zaman sekarang penyalahgunaan obat obatan makin marak terjadi, termasuk obat yang sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi dikonsumsi secara tidak tepat. Berefek memabukan dan inilah yang menjadi tren masa kini. 



Salah satu penyalahgunaan yang terjadi belakangan ini adalah obat bernama Carnophen. Lebih dikenal sebagai Zenith, atau orang menyebutnya obat jenit, jinet, dan malah ada yang menyebut sebagai obat jin.

Ditanya kepada orang awam obat obatan, nama obat Carnophen, hampir 99% tidak mengenal obat macam apa itu. Namun jika ditanyakan Obat Zenith, 99% yang tidak mengenalnya tadi justru bilang mengenal sekali. Familiar karena penyalahgunaan.

Padahal, Zenith alias Jenit alias Jinet adalah nama perusahaan pembuat obat Carnophen yaitu PT. Zenith Pharmaceutical. Karena pada kemasan tulisan Zenith lebih mencolok dibanding Carnophen, maka orang lebih mengenal Zenith sebagai nama obatnya.

Kandungan Carnophen a.k.a Zenith


Kandungan dalam setiap tablet Zenith, yaitu paracetamol 160mg, Karisoprodol 200mg, dan Cafein 32mg. 

Pengumuman PT. Zenith Pharmaceutical




Seperti yang kita ketahui, obat yang sudah habis masa patennya, maka seluruh perusahaan obat boleh memproduksinya, termasuk Carnophen yang di Produksi oleh PT. Zenith Pharmaceutical. Namun sayang, efek samping yang telah diketahui "rakyat umum" justru dibuat untuk berbuat mabuk. Sehingga PT. Zenith Pharmaceutical menyerahkan izin edar kepada pihak BPOM pada tahun 2009. Jadi obat Carnophen alias Zenith yang beredar diatas tahun 2009 bisa dipastikan palsu. 

Palsu dalam artian bukan produksi dari PT. Zenith Pharmaceutical. Namun obatnya Asli Carnophen. Hanya "meminjam" nama Zenith oleh sang Produsen. Dapat dipastikan obat Carnophen alias Zenith yang beredar adalah ilegal.

Selain efek efek buruk yang melekat dari nama Zenith, sebenarnya apa sih obat Carnophen alias Zenith itu? Berikut penjabaran singkatnya.

Obat Carnophen alias Zenith jika dikonsumsi dengan benar (dengan resep dokter) maka Narkotika Golongan G ini bisa mengobati berbagai keluhan dan penyakit seperti :

1. Radang Tulang
2. Radang Sendi
3. Nyeri Otot
4. Kejang Otot
5. Depresi
6. Stress
7. Gemetar / Tremor
8. Agitasi / kecemasan berlebihan
9. Ketakutan abnormal
10. Gatal Kronis
11. Penyakit Mental
12. Patah Tulang / Fraktur

Diatas merupakan jenis keluhan atau penyakit yang bisa disembuhkan oleh Carnophen alias Zenith. Dengan catatan, harus dikonsumsi secara benar dengan resep dokter.

Mengapa Zenith disalahgunakan? Karena salah satu kandungan dari Zenith, yaitu Karisoprodol yang terdapat zat benama Meprobamate berefek sebagai depresan saraf dan otot. Sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan efek mabuk seperti "terbang" melayang layang.

Efek bahaya dari Carnophen ini salah satunya adalah sifat adiktif atau kecanduan atau ketergantungan, sehingga yang sudah terbiasa mengkonsumsinya akan sulit meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

Orang zaman now, sudah pinter pinter tentang obat, tidak ada obat satu, maka dicarilah persamaannya. Persamaan disini adalah persamaan kandungan atau efek. 

Sehingga ketika pecandu sulit mendapatkan Carnophen alias Zenith, maka dia akan mencari persamaannya. Tidak perlu kandungan lengkap seperti Zenith ( parasetamol, karisoprodol, cafein ), cukup mencari persamaan karisoprodol bagi yang ingin mendapatkan efek terbang melayang-layang.

Lantas, mencari tahu disana sini tentang persamaan obat karisoprodol? Yups, sempat santer beberapa waktu lalu tentang pil PCC. Ternyata kandungannya adalah Karisoprodol atau biasa ditulis Carisoprodol.

Bagi yang mencari persamaan obat yang mengandung karisoprodol sepertinya bakal sedikit kecewa karena, Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia atau BPOM RI pada tahun 2013 telah resmi melarang peredaran obat yang mengandung karisoprodol.

Sehingga jika masih ditemukan obat yang didalamnya mengandung karisoprodol, dapat dipastikan obat tersebut ilegal. Segala yang terkait dengan tindakan ilegal, adalah menyalahi aturan dan dapat dihukum. Baik itu produsen, pengedar, pendistribusi, pemakai dan lainnya. 

Dibawah ini obat yang mengandung karisoprodol yang telah dicabut izin edarnya oleh BPOM RI :

1. Carnophen
2. Rheumastop
3. Somadril Compositum
4. New Skelan
5. Carminofein
6. Carsipain
7. Carezol
8. Etacharpen
9. Bumacharpen
10. Karnomed

Efek Minum Secara Berlebihan :


1. Euforia atau merasa senang secara berlebihan
2. Perubahan persepsi
3. Agresif
4. Banyak bicara
5. Kacaunya penilaian terhadap kenyataan
6. Kebingungan atau agitasi
7. Mudah tersinggung , emosi labil
8. Meningkatnya kepercayaan diri
9. Tertawa atau teriak berlebihan
10. Kadang Paranoid
11. Melayang dan Halusinasi
12. Tekanan darah naik, jantung berdebar, nafas cepat
13. Mati rasa
14. Mual muntah dan diare.

Efek diatas tentu akan berbeda didapatkan oleh orang yang mengkonsumsi Carnophen secara berlebihan. 

Sedangkan efek terburuk untuk kesehatan dari mengkonsumsi Carnophen alias Zenith secara terus menerus yaitu :

1. Dapat menyebabkan gangguan jiwa

Pemakaian dalam jangka terus menerus, Zenith alias Jenit bin Jinet akan menyebabkan gangguan kejiwaan yang bermuara dari Halusinasi. Halusinasi merupakan salah satu dari gangguan kejiwaan. Tidak percaya? Tuh tanya orang gila, dia sedang dimana? Pasti jawabnya ngawur.

2. Gangguan Endokrin

Gangguan yang terjadi seperti penurunan fungsi hormon reproduksi yang menjalar pada gangguan fungsi s_ksual (censored).

3. Disfungsi kegagalan hati

Racun, ujung-ujungnya hati. Itu sudah pasti. Karena fungsi hati adalah penawar racun. Tapi jika terus menerus disodori racun, maka hati akan rusak dan menyebabkan kegagalan fungsi hati.

4. Kematian

Racun, dikonsumsi berlebih, tentu sangat erat dan dekat kaitannya dengan kematian. Itu sudah menjadi jawaban simpel dan cerdas.

Selain efek efek diatas, efek yang juga cukup buruk diterima oleh pengguna Carnophen alias Zenith ini adalah tersandung kasus hukum. Dimana pengedar,  pembuat atau produsen hingga pemakai dipastikan akan ditangkap oleh pihak berwenang seperti Polisi atau BNN.





0 komentar