loading...

Monday, April 2, 2018

BENARKAH SUSU MENETRALKAN OBAT DAN RACUN?

BENARKAH SUSU MENETRALKAN OBAT DAN RACUN?



Infuset - Banyak mitos dan fakta seputar kesehatan yang beredar di masyarakat luas. Mulai dari yang dipercaya turun temurun atau memang membuktikannya sendiri. Adakalanya mitos yang beredar mendarah daging sehingga kesalahpahaman atau salah kaprah tersebut susah untuk diluruskan. Salah satunya yang sering ditanyakan adalah benarkah susu mampu menetralisir racun dan membuat pengaruh obat menjadi netral alias sia-sia minum obat? Dibawah ini akan kita bahas tentangnya.  

Sejatinya obat (kimiawi/medis) adalah racun. Racun yang telah diperhitungkan secara teliti dan teruji bahwa tidak membahayakan bagi tubuh pada dosis yang sesuai anjuran. Jadi obat (medis) adalah racun (mutlak).

Susu adalah penetral racun, dan itu adalah benar. Sehingga bisa dipastikan jika seseorang keracunan mendapatkan asupan susu, racun didalam tubuh akan netral (dalam jumlah yang masih ditoleransi tubuh).

Logikanya obat pun akan menjadi netral jika dalam jangka waktu dekat juga meminum susu. Biasanya untuk kasus keracunan obat, pada anak anak atau dewasa akan diberikan susu sebagai penetralisir efek racun yang ditimbulkan.

Tetapi, (ada tetapinya nih),, tidak semua laki-laki...ehm maksudnya tidak semua obat akan hilang khasiatnya cuma karena tenggorokan dan lambung "diguyur" air susu. Contoh obat yang tidak boleh dikonsumsi berdekatan waktu atau bersamaan waktu dengan minum susu adalah obat tetracycline.

Namun dibalik itu semua, terdapat juga beberapa jenis obat-obatan yang justru bagus jika dikonsumsi dengan susu. Contoh obat yang justru bagus dikonsumsi bersamaan dengan susu adalah obat NSAID atau Non Steroidal Anti Inflammatory Drug. Seperti Aspirin dan Ibuprofen.

Dikarenakan obat jenis NSAID ini mudah larut dalam lemak. Sehingga tidak masalah dikonsumsi berdekatan waktu atau bersamaan dengan segelas susu.

Kesimpulan

Jadi benarkah susu menetralkan obat dan racun? Jawabannya adalah iya dan tidak. Pada beberapa kasus jawabannya adalah IYA. Sedangkan pada kasus lain jawabannya adalah TIDAK. 

Lantas, bolehkah minum susu setelah meminum obat? Jawabannya masih sama dengan diatas yaitu Iya dan Tida, tergantung obat apa yang anda konsumsi. Alangkah baiknya jika belum tahu, tanyakan kepada petugas kesehatan (dokter/apoteker) agar lebih jelas.

Catatan Penting !

Pada setiap kasus keracunan, secara umum tidak dianjurkan memberikan apapun lewat mulut pasien selagi belum ada instruksi dari dokter.

0 komentar