loading...

Friday, January 19, 2018

PERBEDAAN IGD DAN UGD


PERBEDAAN IGD DAN UGD

sumber : rumahsehatterpadu.or.id

Infuset - Sudah diketahui jika ada seseorang dalam keadaan gawat kesehatannya maka akan sesegera mungkin dibawa ke klinik atau rumah sakit yang bisa menangani keadaan gawat darurat. Pada klinik dan rumah sakit ataupun puskesmas, tempat khusus melayani keadaan tersebut biasanya diberi nama IGD atau UGD. Jika IGD merupakan singkatan dari Instalasi Gawat Darurat, maka UGD adalah singkatan dari Unit Gawat Darurat. Lantas jika dilihat keduanya sama saja yakni menangani keadaan pasien yang butuh pertolongan segera. Lalu apa perbedaannya? Berikut ini perbedaan dari IGD dan UGD.

UGD dan IGD adalah salah satu bagian dari tempat pelayanan kesehatan ( klinik, rumah sakit, puskesmas ) yang melayani penanganan awal dari kasus kegawat daruratan. Perbedaannya adalah UGD berada pada skala kecil karena bentuknya adalah unit, sehingga ruang lingkupnya masih lebih kecil dibandingkan IGD.

UGD biasanya terdapat pada puskesmas, klinik dan rumah sakit kecil, sedangkan IGD biasanya terdapat pada rumah sakit besar baik milik pemerintah maupun swasta. Umumnya UGD dijaga oleh dokter umum. Sedangkan IGD dijaga oleh dokter berkeahlian tertentu. Seperti Spesialis anak, ahli kebidanan, penyakit dalam, maupun bedah.

Namun pada prinsip pelayanan maupun alur pelayanan diantara keduanya sama saja, tidak ada yang membedakan. Semua merupakan tempat penanganan awal dari suatu kasus kegawatdaruratan. Demikianlah artikel tentang perbedaan dari IGD dan UGD. Salah khilaf mohon maaf, jika berguna bisa dishare. Terimakasih. 

loading...

0 komentar