loading...

Sunday, January 14, 2018

Kumpulan Istilah dalam Dunia Medis ( Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Kefarmasian ) Abjad D


Kumpulan Istilah dalam Dunia Medis ( Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Kefarmasian ) Abjad D 


Infuset - Kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya tentang Istilah medis mencakup pada dunia keperawatan, kebidanan, kedokteran dan kefarmasian, semoga bermanfaat bagi rekan rekan. Karena begitu banyaknya istilah medis  yang berawalan huruf D maka Artikel ini akan diupdate berkala.

D =

Dehidrasi - adalah ketika tubuh tidak memiliki cairan yang cukup karena pengeluaran cairan yang banyak

Dekongestan - adalah obat yang menyusutkan selaput hidung yang membengkak dan membuatnya lebih mudah bernafas.

Delusi - adalah kesalahpahaman seaeorang yang serius dengan apa yang terjadi. ( kesalahpahaman tentang apa yang dilihat, didengar atau dipikir)

Dextromethorpan - adalah obat yang mirip dengan kodein secara kimiawi. Berfungsi sebagai obat batuk 

Demam - adalah suhu abnormal tubuh. Secara teknis, disebut demam apabila melebihi 37 derajat selsius 

Degeneratif - adalah kerusakan progresif dan sering ireversibel

Delirium - adalah mengigau. Gangguan fungsi otak yang menyebabkan kebingungan dan perubahan dalam perhatian, kewaspadaan, ingatan, emosi, pola tidur dan koordinasi.

Demam Tipoid - adalah sering disebut tifus abdominalis merupakan penyakit demam menular dengan gejala berat pada pencernaan

Demensia - adalah sekelompok gejala yang mencirikan penyakit dan kondisi. Demensia umumnya didefinisikan sebagai penurunan mental progresif terutama fungsi memori dan penilaian yang seringkali disertai dengan linglung, disorientasi dan disentigrasi kepribadian.

Dentin - adalah bagian terbesar dari jaringan keras gigi. Bagian mahkota ditutupi oleh enamel dan bagian akar oleh sementum.

Depresi - adalah gangguan mental umum yang ditandai dengan kehilangan minat atau kesenangan, timbulnya kesedihan, perasaan bersalah, kesulitan berkonsentrasi, nafsu makan menurun dan pola tidur terganggu.

Dermatitis - adalah iritasi atau peradangan kulit. Dermatitis adalah istilah umum untuk ruam merah dan gatal pada kulit. Kadang juga disebut sebagai eksim dan dermatitis terbagi menjadi 20 jenis.

Detoksifikasi - adalah penghapusan zat beracun ( toksik ) dari tubuh.

Diabetea Mellitus - adalah gangguan metabolik kronis yang ditandai dengan kurangnya sekresi insulin atau peningkatan resistensi seluler terhadap insulin sehingga kadar darah gula sederhana ( glukosa ) meningkat.

Diabetes tipe 1 : adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel sel pankreas yang memproduksi insulin. Dulu sempat disebut sebagai diabetes anak anak karena menyerang pada usia anak anak, semakin kesini kejadiannya pun juga mulai menyerang usia yang lebih dewasa. Diabetes tipe I ini penderitanya harus mendapatkan suntikan insulin setiap hari.

Diabetes tipe 2 - adalah jenis kedua diabetes yang lebih umum. Karena pankreas masih memproduksi insulin tetapi dalam jumlah yang sedikit dan tidak cukup.

Diafragma

- adalah otot utama yang digunakan untuk respirasi, terletak tepat berada pada bawah dasar paru.

- adalah alat kontrasepsii yang berbentuk kubah tipis yang menutupi leher rahim

Diagnosa - atau diagnosis adalah identifikasi sifat sifat penyakit atau kondisi atau membedakan satu penyakit atau kondisi dari yang lainnya. 

To be continue ....

0 komentar