loading...

Wednesday, January 10, 2018

CIRI CIRI TUBUH KEKURANGAN KALSIUM


CIRI CIRI TUBUH KEKURANGAN KALSIUM


Infuset - Kalsium adalah elemen kimia, dikenal dengan simbol "Ca" , dan nomer atom 20. Kalsium sangat diperlukan oleh tubuh manusia, baik tua maupun muda. Banyak manfaat yang didapat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. 

Diantara manfaat kalsium bagi tubuh yaitu membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan hingga mencegah penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Kalsium juga dibutuhkan oleh tubuh pada proses pembekuan darah, kontraksi otot dan transmisi sinyal pada sel saraf.

Manfaat kalsium yang lainnya adalah sebagai penurun tekanan darah, sangat bagus bagi seseorang yang mempunyai riwayat hipertensi terlebih pada wanita yang sudah memasuki usia menopause. Manfaat kalsium selaim yang disebutkam diatas adalah sebagai mineral yang berfungsi melenturkan otot, mengaktifkan sel saraf, menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah, mengatasi kencing manis atau diabetes mellitus, melancarkan sistem peredaran darah, menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus, mengatasi rematik, kram, sakit pinggang dan wasir, mengatasi keluhan saat haid atau menopause, mengatasi kulit kering serta pecah pecah pada kulit tangan dan kaki. 

Nah setelah panjang lebar membahas tentang pengertian kalsium, dan juga manfaat mengkonsumi kalsium, kembali ke pokok bahasan sesuai dengan tajuk diatas yaitu ciri ciri tubuh kekurangan kalsium. 

Tubuh manusia ketika memasuki usia 20 tahun, pada umumnya akan mengalami penurunan kalsium kurang lebih sekitar 1 % pertahunnya. Itu artinya, ketika manusia memasuki umur sekitat 50 an maka ada penyusutan kalsium dalam tubuh sekitar 30 %. Dampaknya apa bagi tubuh manusia?

Kekurangan kalsium mempunyai ciri berikut diantara ciri tubuh kekurangan kalsium yang pertama adalah tubuh lesu, berkurangnya daya tahan tubuh, gelisah dan insomnia, sesak nafas, banyak keringat, nafsu makan menurun, sembelit dan sakit pinggang, kram.

Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan rambut rontok, gigi berlubang juga menjadi salah satu ciri bahwa tubuh anda kekurangan asupan kalsium. Jika seseorang sudah mengalami kekurangan kalsium yang parah, maka akan menimbulkan beberapa ciri yaitu kurangnya daya ingat dan berturunnya konsentrasi.

Selain itu, ciri kekurangan kalsium yang parah adalah kejang otot yang akan mengakibatkan beberapa bagian anggota tubuh merasa kesemutan. Lebih parahnya lagi, kekurangan kalsium bisa menyebabkan seseorang berhalusinasi. 

Setelah anda mengetahui definisi kalsium, dan ciri tubuh kekurangan kalsium, tentu belum lengkap tanpa membahas tentang mencegah agar tubuh tidak kekurangan kalsium. 

Simpel saja, mengatasi kekurangan kalsium yaitu dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Berikut beberapa diantara makanan sumber kalsium berikut dibawah ini

1. Keju
2. Yoghurt
3. Ikan salmon
4. Sayur hijau
5. Kacang kedelai
6. Pisang
7. Kacang putih
8. Lobak dll.

Sementar itu, berikut catatan tentang kebutuhan kalsium bagi tubuh manusia sesuai umur :

1. Lansia umur lebih dari 70 tahun yaitu memerlukan kalsium hingga 1.300 mg

2. Laki laki usia 19 sampai 70 tahun yaitu memerlukan kalsium hingga 1.000 mg

3. Perempuan usia 51 sampai 70 tahun yaitu .memerlukan kalsium hingga 1300 mg

4. Perempuan usia 20 sampai 50 tahun yaitu memerlukan kalsium hingga 1000 mg

Sedangkan untuk anak hingga remaja, kebutuhan akan kalsium lebih sedikit dibanding kebutuhan orang dewasa, berikut catatannya

1. Bayi 0 hingga 6 bulan memerlukan kalsium hingga 210 mg dan biasanya sudah terpenuhi oleh ASI. 

2. Bayi 7 bulan hingga 12 bulan memerlukan kalsium hingga 270 mg

3. Anak 1 tahun hingga 3 tahun memerlukan kalsium hingga 500 mg

4. Anak 4 tahun hingga 8 tahun memerlukan kalsium hingga 700 mg

5. Anak 9 tahun hingga 11 tahun memerlukan kalsium hingga 1.000 mg

6. Remaja 12 tahun hingga 18 tahun memerlukan kalsium hingga 1.300 mg

Itulah serba seri seputar kalsium mulai dari pengertian kalsium, manfaat kalsium, sumber makanan yang memgandung kalsium hingga ukuran kebutuhan kalsium bagi tubuh manusia. Semoga bermanfaat terimakasih.

0 komentar