loading...

Friday, January 5, 2018

ARTI 7 LOGO SIMBOL LAMBANG KEMASAN OBAT


ARTI 7 LOGO SIMBOL LAMBANG KEMASAN OBAT


Infuset - Pernahkah anda memperhatikan kemasan suatu obat secara mendetail? Bukan hanya tanggal expired dan dosis saja, kadang ada satu hal yang terlupa untuk diperhatikan. Apakah itu? Ternyata kemasan pada obat sudah diberi logo atau lambang tentang penggunaan obat tersebut. Apakah dijual bebas atau bebas terbatas atau harus dengan resep dokter.

Pengkategorian ini dilakukan produsen dengan 7 jenis kode logo simbol. Pertama adalah logo lingkaran hijau dengan tepi garis hitam, kedua dengan logo lingkaran biru dengan tepi garis warna hitam dan yang terakhir lingkaran merah dengan huruf K berwarna hitam ditengahnya dan tepi garis yang juga berwarna hitam dan lain-lain. Lantas apa arti logo atau lambang pada kemasan obat tersebut? Berikut ulasan singkatnya.

1. Logo Lingkaran Hijau

1001obat.com

Tepatnya logo kemasan ini berbentuk lingkaran berwarna hijau secara full dengan tepian berwarna hitam. Apa arti lambang atau logo ini adalah obat bebas. Maksudnya adalah obat yang bisa digunakan bebas tanpa resep dokter. Namun tetap harus bijak dalam mengkonsumsi obat obatan tipe ini. Contoh obat dengan logo ini adalah obat parasetamol

2. Logo Lingkaran Biru

catatananakfarmasi.blogspot.co.id

Logo ini lebih tepatnya merupakan lingkaran berwarna biru secara penuh dengan tepian berwarna hitam. Arti dari logo atau lambang kemasan obat seperti ini adalah obat bebas terbatas. Maksudnya adalah obat seperti ini masih bebas dikonsumsi tetapi dengan batasan, biasanya obat seperti ini dibatasi tentang dosis penggunaannya. Contoh obat dengan logo ini adalah Chlorpeniramin Meleat atau dikenal dengan CTM

Pada kemasan obat jenis ini biasanya juga diberi beberapa peringatan dalam kotak hitam bertuliskan beberapa kategori. Berikut peringatan pada kemasan obat bebas terbatas.

catatananakfarmasi.blogspot.co.id

P. No. 1 : Awas ! Obat Keras. Bacalah Aturan Memakainya.

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Procold, Komix, Antimo dan OBH

P. No. 2 : Awas ! Obat Keras. Hanya Untuk dikumur , Jangan Ditelan.

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Betadine, Hexadol

P. No. 3 : Awas ! Obat Keras. Hanya Untuk Bagian Luar Badan 

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Insto, kalpanax

P. No. 4 : Awas ! Obat Keras. Hanya Untuk dibakar

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Decoderm, Sigaret Astma

P. No. 5 : Awas ! Obat Keras. Tidak Boleh Ditelan

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Bufacetin

P. No. 6 : Awas ! Obat Keras. Obat Wasir Jangan Ditelan.

Contoh obat bebas terbatas dengan peringatan ini : Ambeven, Laxarex.

3. Logo Pohon Hijau

allmedicinestalk.com

Simbol atau logo bergambar tanaman pohon atau dedaunan berwarna hijau ini juga terdapat didalam kemasan obat obatan. Arti dari lambang dedaunan ini adalah kategori jamu. Biasanya obat berlogo seperti ini dibuat dari racikan tanaman dan diolah secara tradisional layaknya jamu.

4. Logo 3 Bintang Dalam Lingkaran

allmedicinestalk.com

Logo ini biasa disebut dengan OHT atau obat herbal terstandar. Berbahan segala yang terbuat dari alam dan diproduksi secara canggih dengan teknologi mutakhir, lebih higienis, sudah teruji toksisitas dan sudah sesuai standar.

5. Logo Fitofarmaka

kendhilkencana.blogspot.co.id

Simbol yang digunakan mirip dengan simbol salju, tetapi fitofarmaka berwarna hijau. Logo ini berarti obat yang dikemas adalah obat berbahan tradisional dari alam tetapi sudah terstandar dan setara dengan obat obatan modern lain. Satu keuntungan yang didapat dari obat jenis fitofarmaka ini adalah tidak terdapat efek merugikan layaknya obat kimia yang berfungsi sama.

6. Logo Lingkaran dengan tanda plus ( + ) ditengah, tanda plus dan tepian lingkaran merah latar putih

hipwee.com

Jika anda menemukan obat mempunyai label seperti itu, berarti obat tersebut termasuk dalam jenis narkotika. Narkotika memang lekat dengan penyalahgunaan. Makanya lebih populer sebagai barang haram, padahal jika digunakan untuk pengobatan sesuai petunjuk dokter, hal tersebut tidaklah membahayakan. Obat jenis ini pengawasannya ketat, walau dijual di apotik tetapi tidak dijual dengan bebas. Contoh obat ini adalah morfin.

7. Logo Lingkaran Merah dengan Huruf K hitam

ratih-saridewi.blogspot.co.id

Logo ini berupa lingkaran berwarna merah dengan tepian warna hitam dilengkapi huruf K ditengahnya dan huruf K tersebut berwarna hitam. Arti dari logo atau lambang  pada kemasan obat ini adalah obat keras. Obat ini seharusnya hanya dijual dengan resep dokter dan diapotek berizin. Contoh obat ini adalah Mefenamic Acid atau lebih dikenal dengan Asam Mefenamat.


Namun pada prakteknya, obat keras sekalipun masih bisa kita tebus ditoko obat atau apotik tanpa resep dokter. Ya paling tidak kita sudah paham tentang arti logo lambang pada kemasan obat obatan yang beredar. Tetap bijaklah dalam mengkonsumsi obat obatan. Semoga berguna dan terimakasih.

ARTI 7 LOGO SIMBOL LAMBANG KEMASAN OBAT


0 komentar