loading...

Tuesday, August 7, 2018

Apakah Imunisasi Campak Rubella ( MR ) mengakibatkan panas demam?


Apakah Imunisasi Campak Rubella ( MR ) mengakibatkan panas demam?



Infuset - Program imunisasi yang sedang dijalankan pemerintah saat ini (Agustus - September 2018) adalah imunisasi campak dan rubella, campak atau biasa disebut measles, dan rubella adalah dua penyakit yang berbeda. Namun pemberian vaksinnya bisa dikombinasikan. Sudah lumrah dan hampir keseluruhan pemberian imunisasi akan menyebabkan anak demam atau panas, walaupun ada juga imunisasi yang tidak menyebabkan demam.


Beberapa waktu lalu, author blog infuset mendapatkan pesan via WhatsApp dari teman yang menanyakan, apakah pemberian imunisasi MR menyebabkan tubuh anak panas atau demam? Nanti kita jawab, kita bahas dulu tentang Measles dan Rubella.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus. Anak atau orang dewasa yang belum pernah mendapatkan imunisasi MR akan menjadi yang paling beresiko terkena penyakit ini.

Gejala dari penyakit campak yaitu demam yang tinggi disertai dengan munculnya bercak pada kulit, batuk pilek dan konjungtivitis. Sedangkan gejala dari rubella tidak terlalu spesifik. Bahkan ada yang tanpa gejala. Gejala rubella terlalu umum seperti demam ringan, pusing, pilek, mata merah dan nyeri sendi.

Baca Juga : 9 MITOS DAN FAKTA TENTANG VAKSIN YANG TERAKHIR SERING MEMBUAT ORANGTUA KHAWATIR

Imunisasi MR pada program tahun 2018 menyasar anak umur 9 bulan hingga 15 tahun. Selanjutnya imunisasi MR akan menjadi imunisasi rutin untuk anak berumur 9 bulan, 18 bulan dan anak seumur kelas 1 SD sebagai pengganti dari program imunisasi campak.

Baca Juga : IMUNISASI WAJIB DAN IMUNISASI TAMBAHAN BESERTA MANFAATNYA

Kembali ke pokok bahasan yaitu apakah imunisasi MR menyebabkan demam panas, jawabannya adalah bisa iya bisa tidak, tetapi kebanyakannya tidak menyebabkan demam. Ada beberapa kasus setelah pemberian imunisasi MR, anak akan mengalami demam. Namun itu hanya sebagian kecil saja. Sebagian besarnya tidak mengalami demam.


Nah, sekarang sudah terjawabkan pertanyaannya, apakah imunisasi MR menyebabkan demam atau panas? Memang jawabannya akan membuat ragu orangtua untuk melakukan imunisasi MR pada anaknya, akan tetapi imunisasi MR adalah bentuk kepedulian orangtua terhadap anak agar terhindar dari kedua penyakit tersebut (Campak dan Rubella) / MR.


0 komentar