loading...

Sunday, August 19, 2018

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT ( KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH ) 23

CONTOH SOAL UJI KOMPETENSI PERAWAT ( KEPERAWATAN MEDIKAL BEDAH ) 23

edited by Muhammad Imron,S.Kep,Ns


Infuset - Kami kembali menghadirkan soal uji kompetensi original dan belum pernah ada pada website atau blog manapun. Artikel ini untuk anda yang berprofesi sebagai seorang perawat atau mahasiswa keperawatan yang sedang mencari referensi tentang soal uji kompetensi perawat, atau biasa kita sebut dengan UKOM, Ukni, Ukners. Soal Uji Kompetensi Perawat D3 atau Ners Semua sama saja. Pada intinya mereka sedang ingin belajar untuk menghadapi persiapan menjawab 180 soal dalam 180 menit.

Dilarang melakukan pencurian artikel milik infuset.blogspot.com (mengcopy paste ke blog/web lain sebagian atau seluruh bagian tanpa izin).




Soal Uji Kompetensi Perawat


1. Seorang pasien wanita berusia 28 tahun dirawat di ruang rawat inap dengan diagnosa Syndroma nefrotik, dari hasil pemeriksaan didapatkan : Tekanan darah 170/110 mmhg, Suhu tubuh 37.5 C, frekuensi nadi 110 x/mt, dan frekuensi pernafasan  30x/mt.  Terdapat ascites, edema tungkai dan  palpepbra.

Pertanyaan soal:
Apakah Tindakan keperawatan yang tepat yang dapat dilakukan pada kasus diatas?

Pilihan jawaban:
a. Ukur nilai masukan dan haluaran 
b. Ukur berat badan tiap hari
c. Ukur lingkar abdomen
d. Berikan oksigen
e. Tinggikan kaki

2. Seorang perempuan berusia 55 tahun dirawat di ruang bedah dengan keluhan adanya luka pada kaki sebelah kanan. Luka bengkak, banyak jaringan mati, kemerahan sekitar luka, bernanah, dan nyeri. Pasien mengatakan bahwa lukanya baru terjadi 2 minggu yang lalu dan telah menderita diabetes selama 10 tahun. Pemeriksaan tanda-tanda vital yaitu tekanan darah 140/90 MmHg, suhu 38.4O , pernapasan 16 x/menit, GDS : 350 Mg/dl

Pertanyaan soal:
Apa tahapan dalam proses penyembuhan luka tersebut?

Pilihan jawaban:
a. Sepsis
b. Inflamasi
c. Proliferasi
d. Remodeling
e. Hemoestatis

3. Seorang perempuan berusia 48 tahun sedang dirawat diruang bedah dengan keluhan luka pada kaki sebelah kanan. Lukanya tampak kotor, berbau, dan mengeluarkan banyak eksudat kental. Pasien merasakan demam, pusing. Pasien memiliki riwayat diabetes selama 10 tahun. Pemeriksaan tanda-tanda vital yaitu tekanan darah 140/90 MmHg, suhu 38.2 derajat selsius, pernapasan 16 x/menit, GDS : 250 Mg/dl. Perawat akan melaksanakan perawatan luka pada kaki klien.

Pertanyaan soal:
Apakah tindakan yang pertama kali dilakukan perawat dalam prosedur tersebut?

Pilihan jawaban:
a. Mencuci luka
b. Mengukur luka
c. Memberikan dressing
d. Membuka balutan luka
e. Pengangkatan jaringan mati

4. Seorang perempuan berusia 55 tahun datang ke poli rawat jalan dengan keluhan kesemutan pada kaki, terasa baal dan mata kabur. Pasien tidak menggunakan alas kaki ketika didalam dan luar rumah. Pasien sering mengalami luka pada kaki, namun sembuh dengan sendirinya. Makan tidak ada pantang. Pasien menderita diabetes selama 22 tahun. GDS : 250 Mg/dl. Obat diabetes Glibenklamide 2 x 5 mg dan Metformin 2 x 500 mg

Pertanyaan soal:
Apakah Informasi  yang menjadi prioritas untuk diberikan kepada pasien?

Pilihan jawaban:
a. Senam kaki
b. Pengaturan diit
c. Membersihkan kaki
d. Penggunaan alas kaki
e. Mengkonsumsi obat diabetes

5. Seorang laki-laki berusia 45 tahun, dirawat diruang bedah dengan keluhan luka pada kaki sebelah kiri. Luka sudah membaik dan direncanakan pulang serta perawatan 2 hari sekali di Poli rawat jalan. Pasien memiliki riwayat diabetes, makan tidak pernah dibatasi dan tidak terkontrol ketika dirumah. Kaki masih terasa baal, jarang menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, dan sering tidur-tiduran dan malas beraktivitas. Pemeriksaan tanda-tanda vital yaitu tekanan darah 120/80 MmHg, suhu 36.6o , pernapasan 16 x/menit, GDS : 300 Mg/dl. Pasien mendapatkan terapi insulin 2 x 10 IU.

Pertanyaan soal:
Apa Pendidikan kesehatan prioritas yang bisa diberikan pada pasien sebelum pulang ?

Pilihan jawaban:
a. Latihan
b. Perawatan kaki
c. Perawatan luka
d. Pengaturan diet
e. Cara menyuntik insulin





Kunci Jawaban "Contoh Soal Uji Kompetensi Perawat (keperawatan medikal bedah) 23"


1. Kunci Jawaban = D
2. Kunci Jawaban = B
3. Kunci Jawaban = A
4. Kunci Jawaban = D
5. Kunci Jawaban = D

Mohon share jika keberadaan artikel ini berguna bagi rekan lainnya. Semoga bermanfaat dan Lulus Uji Kompetensi Perawat.

0 komentar