loading...

Saturday, August 18, 2018

Cara Penilaian Nyeri dengan Metode OPQRST


Cara Penilaian Nyeri dengan Metode OPQRST



Infuset - Salah satu dari bentuk pengkajian pada asuhan keperawatan adalah penilaian nyeri. Nyeri adalah pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan berkaitan dengan kerusakan jaringan yang nyata atau berpotensi menimbulkan kerusakan jaringan (IASP, 1979)


Nyeri terbagi menjadi dua jenis, yaitu nyeri akut dan nyeri kronis/kronik. Nyeri akut adalah rasa tidak nyaman atau tanda yang membuat anda waspada akan sesuatu yang salah dalam tubuh (nyeri sebagai peringatan), nyeri akut biasanya akan mereda jikalau gangguan yang menjadi penyebab telah teratasi. Sedangkan Nyeri kronis yaitu keadaan nyeri yang menetap, dimana penyebab yang mendasari tidak dapat dihilangkan atau diobati. 

Nyeri tidak selalu dijumpai pada jaringan yang rusak. Nyeri bersifat individualis, tubuh yang tidak luka bisa saja merasakan nyeri akibat sesuatu. Maka dari itu, perawat memerlukan cara menilai derajat nyeri masing-masing orang, sebagai gambaran dari rasa nyeri yang diderita pasien. Salah satu metode yang sering dipakai untuk penilaian nyeri menggunakan OPQRST. 

Baca Juga : Skala Nyeri-0-10

Pada askep yang menyertakan nyeri sebagai diagnosa keperawatannya, hendaknya menjelaskan nyeri yang dirasakan pasien dengan melengkapi isian OPQRST. Seperti yang dijelaskan dibawah ini


O (Onset) : Tentukan kapan terjadinya ketidaknyamanan yang membuat pasien mulai mencari bantuan

P (Provocation/Provokasi) : Tanyakan apa yang memperburuk rasa nyeri. Apakah posisi? Tanyakan penyebab timbulnya rasa nyeri

Q (Quality/Kualitas) : Tanyakan bagaimana jenis nyerinya. Seperti ditusuk? ditekan, disayat, dan lain-lain.

R (Region/Radiasi) : Lokasi atau bagian mana yang merasa nyeri? Menyebar kebagian tubuh lain?

S (Severity/Keparahan) : Gunakan skala nyeri untuk menilai keparahan nyeri dan apakah nyeri berkurang atau memburuk setelah diberikan intervensi keperawatan.

T (Time/Waktu) : Nyeri datang berapa lama? dan apakah hilang timbul atau terus menerus.

Diagnosa keperawatan Nyeri tidaklah lengkap tanpa menyertakan penilaian nyeri OPQRST. Maka dari itu, dari sekarang, lengkapi askep kalian yang belum menilai derajat nyeri OPQRST. Agar lengkap, dan bagus, serta cepat di acc CI ruangan. 

Semoga bermanfaat, share dan like ya. Terimakasih


0 komentar