loading...

Monday, August 28, 2017

11 CARA MEMUTIHKAN GIGI SECARA ALAMI DENGAN BAHAN YANG MUDAH DIDAPAT

11 CARA MEMUTIHKAN GIGI SECARA ALAMI DENGAN BAHAN YANG MUDAH DIDAPAT

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns

infuset - Gigi putih bersih merupakan impian semua orang. Dengan gigi putih, anda akan merasa tingkat kepercayaan diri meningkat. Selain itu senyum dengan gigi yang putih bagi seorang adalah sesuatu yang mampu menarik perhatian lawan jenis. Hal inilah yang biasanya mendorong seseorang memutihkan gigi. Sebenarnya memutihkan gigi itu tidak perlu datang kepada yang ahli, dimana tentu akan mengeluarkan biaya yang terbilang mahal. Kita bisa kok memutihkan gigi secara alami. Bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dan cepat? Berikut pembahasannya.

Sebelum kepada pembahasan tips memutihkan gigi secara alami, alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa saja penyebab gigi menjadi tidak putih alias menguning. Faktor yang membuat gigi jadi kuning itu terbagi menjadi dua faktor , yaitu faktor dalam dan luar. Jika fakttor luar disebabkan oleh makanan, rok*k,alk*hol, kopi, dan makanan lainnya, faktor dalam contohnya disebabkan oleh obat-obatan tertentu dan biasanya faktor dalam lebih sulit untuk diputihkan giginya.


Setelah paham penyebabnya, berikut cara memutihkan gigi secara alami dan cepat berasal dari berbagai sumber.


1. Lemon.

Membersihkan gigi menggunakan lemon terbilang cukup ampuh untuk memutihkan gigi. Karena kandungan air atau perasannya banyak mengandung vitamin c yang mampu membuat gigi menjadi putih. Caranya bisa dengan menggosokkan langsung buah lemon yang sudah dipotong/iris, atau dengan cara berkumur dengan air perasan lemon.

2. Baking Soda

Baking soda adalah satu bahan alami yang mampu memutihkan gigi. Baking soda merupakan bahan untuk kue. Akan tetapi memakai baking soda secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan gigi. Disarankan menggunakan baking soda sebagai cara memutihkan gigi hanya dilakukan sebanyak satu atau dua bulan sekali.  Cara menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi yaitu dengan mencampurkan dua sendok baking soda kedalam satu sendok air putih lalu oleskan pada gigi selama kurang lebih tiga menit, dilanjutkan dengan berkumur dengan air hangat.

3. Apel

Mengunyah apel terbukti mampu memutihkan gig secara alami. Itu karena saat mengunyah apel, produksi air liur mengalami peningkatan dan membunuh bakteri yang ada dalam mulut. Senyawa asam dan juga serat yang terdapat pada apel sanggup menghilangkan plak dan noda kuning pada gigi.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung jenis lemak yang unik dan mempunyai manfaat yang banyak, memutihkan gigi dengan minyak kelapa yaitu dengan cara siapkan satu sendok minyak kelapa yang akan dioles ke gigi anda secara merata dan didiamkan selama kurang lebih 10 menit dilanjutkan dengan berkumur hingga bersih dan boleh disertai dengan menyikat gigi.

5. Siwak



Buat anda yang muslim, tentu tahu siwak, siwak merupakan ranting atau batang kayu siwak yang setelah diteliti pada tahun 1995 siwak mampu mempertahankan kesehatan gigi karena menghambat pertumbuhan bakteri, mengikis plak, membuat gusi sehat dan terhindar dari gigi berlubang. Siwak mengandung Anti Bacterial Acid pembunuh kuman dan bakteri, mengandung bahan kandungan yang baik untuk gigi seperti Vitamin C, potasium, klorida, fluorida, salfadorin dan mineral yang bermanfaat untuk memutihkan gigi secara alami.


6. Kulit Jeruk


Memutihkan gigi dengan kulit jeruk bisa anda lakukan dengan cara menggosokan bagian dalam kulit jeruk ke gigi secara langsung.  Kulit jeruk mengandung Zat Pektrin dan minyak atsiri yang ampuh dalam mematikan bakteri dalam mulut.


7. Arang


Siapa sangka arang yang berwarna hitam justru mampu memutihkan gigi?  Yups, arang mempunyai sifat alkali yang membuat sekitar arang menjadi basa. Kadar basa mampu memutihkan gigi namun juga jangan terlalu banyak, tumbuk arang menjadi serpihan halus seperti debu dan campurkan dengan pasta gigi. dengan perbandingan 2:1, selanjutnya diaduk hingga rata. Jadikan adonan arang tersebut sebagai pasta gigi dan gosok gigi anda seperti biasa lalu kumur dan bersihkan mulut anda.


8. Kulit Pisang


Kulit pisang bagi sebagian orang hanyalah berupa sampah, akan tetapi jika anda mengetahui manfaatnya justru tidak akan membuangnya begitu saja. Kulit Pisang mampu memutihkan gigi secara alami. Karena mengandung air, kalium, karbohidrat, kalsium, antioksidan, minyak nabati, serat berbagai vitamin, asam sitrat dan lain sebagainya. Memutihkan gigi dengan kulit pisang dengan cara ambil lapisan putih kulit pisang gosok ke gigi yang kuning selama kurang lebih 5 menit, diamkan hingga 2 menit lanjut dengan bersihkan

9. Jahe

Jahe mampu memutihkan gigi secara alami yaitu dengan cara diparut dan gosokkan ke gigi selama kurang lebih 3 menit. Bilas dan ulangi serta diakhiri dengan menggosok gigi dengan pasta sebagai penutupnya, jangan terlalu sering karena sifat jahe yang terasa pedas dimulut.

10. Permen Karet Non-Gula

Siapa sangka loh permen karet mampu memutihkan gigi, mengunyah permen karet secara berkelanjutan hampir sama dengan fungsi kita menggosok gigi. Namun tentu saja permen karet tanpa kandungan gula.

11. Daun Salam

Daun salam mengandung serat, atsiri, sitral, zat besi, kalsium, kalium, magnesium, Vitamin ABCD, dan beberapa kandungan lain yang berkhasiat untuk kesehatan gigi dan mulut. Caranya hampir sama dengan cara memutihkan gigi dengan arang poin 7 diatas.


Itulah informasi tentang cara memutihkan gigi secara alami dengan bahan yang mudah didapat, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang ingin memutihkan gigi, dan kini anda siap tersenyum.




BACA JUGA 






0 komentar