loading...

Saturday, August 26, 2017

Kenali 7 Jenis Kista Perempuan Wajib Tahu

Kenali 7 Jenis Kista Perempuan Wajib Tahu

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns

infuset - Kista merupakan penyakit tumor dan termasuk dalam tumor yang jinak. Mempunyai ciri berbentuk kistik dan ada juga seperti buah anggur, berisi cairan yang kental, Selain itu, kista juga dapat berisi udara maupun nanah. Kista terbagi menjadi dua dibedakan berdasar keganasannya. Yaitu kista Non-Neoplastik yang merupakan kista jinak dan biasanya bisa mengempis sendiri setelah mencapai waktu 2 atau 3 bulan. Sedangkan Kista Neoplastik biasanya lebih ganas dibanding Non-Neoplastik, sehingga harus dibedah atau dilakukan tindakan operasi.

Adapun jenis dan macam penyakit Kista terbagi 7 yaitu sebagai berikut :

1. Kista Folikuler
Kista jenis ini paling sering terjadi kepada wanita dan terbentuk oleh sel telur yang tidak dilepaskan  pada saat proses ovulasi. Kista jenis ini menimbulkan rasa sakit walaupun kista folikuler sebagian besar tidak menimbulkan gejala dan hilang sendirinya dalam jangka waktu beberapa bulan.

2. Kista Korpus Luteum
Kista ini biasanya menimbulkan rasa sakit ketika ukurannya membesar. Namun sebelum besar, biasanya kista korpus luteum tidak menimbulkan gejala spesifik. Kista Korpus Luteum terbentuk setelah sel telur di lepaskan dari ovarium. Darah ovarium yang menghasilkan sel telur. berubah jadi suatu jaringan yang disebut korpus luteum. Pengangkatan kista biasa dilakukan dengan jalan operasi.

3. Kista Dermoid
Kista ini berisi jaringan tubuh seperti, tulang, lemak, rambut, ataupun gigi. Kista ini masuk kategori yang jinak yang mampu tumbuh hingga 15 sentimeter dan menyerang perempuan muda

4. Kista Endometriosis
Biasa disebut dengan kista coklat, karena berisi darah berwarna kecoklat coklatan  sebesar 2 - 20 sentimete, terbentuk oleh adanya jaringan didalam rahim. Pada menstruasi, kista ini akan mengakibatkan keluarnya darah namun tidak bisa keluar dari ovarium dan mengakibatkan rasa nyeri maupun sakit dan mengganggu kesuburan seorang perempuan.

5. Kista Denoma
Kista ini termasuk kista jinak jenis tumor kistik, Penyebab Kista Denoma inimasih belum diketahui pasti. Namun menurut para ahli kista ini berasal dari Ceratoma dimana saat tumbuhnya suatu elemen dan mengalahkan elemen lain, Gejala kista Denoma adalah Bagian bawah perut teraba padat kenyal, gangguan siklus mens, sesak nafas yang diakibatkan asites.

6. Kista Hemoragik
Kista ini diakibatkan oleh perdarahan pada kista. Kista ini disebut juga dengan kista darah. Tetapi kista ini tidak selalu pecah. Termasuk kista jinak karena dapat hilang dengan sendirinya. Tapi jika kista ini pecah, maka paramedis menyarankan agar melakukan operasi.

7. Sindrom Polikistik Ovari
Kelebihan horm*n androgen dipercaya sebagai penyebab terjadinya kista ini, horm*n androgen merupakan faktor keturunan. Kista ini bisa menyebabkan gangguan kehamilan, bahkan mandul, bahkan keguguran.  

0 komentar