loading...

Tuesday, August 8, 2017

SAAT YANG TEPAT KONSUMSI BANYAK GARAM

SAAT YANG TEPAT KONSUMSI BANYAK GARAM

By Muhammad Imron, S.Kep,Ns




Disaat garam mahal seperti sekarang ini ( Agustus 2017 ), saya jadi terfikir untuk menghemat pemakaian garam. Dikarenakan linjakan harga garam yang menggila bahkan hingga 4x lipat. Terang saja harga biasa 2000-an sudah menyentuh harga 10000-an. Nah, dibalik penghematan garam, balik saya terfikir kapan sih perlu banyak asupan garam?

Kapan saat yang tepat konsumsi banyak garam?

Garam merupakan sumber yodium yang diperlukan oleh tubuh kita. Kebutuhan akan garam tiap orang berbeda. Anda yang memiliki riwayat hipertensi sebaiknya kurangi konsumsi garam

Baca Juga : Sekilas Tentang Hipertensi
Berikut ini adalah kondisi dimana seseorang sedang memerlukan banyak asupan garam:

1. Stress

Disaat stress, konsumsi makanan yang mengandung garam dapat membuat perassaan nyaman, dikarenakan kadar sodium yang meningkat dalam darah, dan ginjal akan memproduksi banyak hormon oksitosin yang membuat turun rasa kecemasan anda.

2. Mengatasi Hipotensi / Tekanan darah rendah

Seperti disinggung diatas, bahwa Penderita Hipertensi lebih baik hindari konsumsi banyak garam, kini sebaliknya untuk penderita Hipotensi atau tekanan darah rendah.

3. Dehidrasi

Disaat tubuh anda mengalami dehidrasi, tubuh anda akan menarik nutrisi dari sumber lain termasuk garam. Sehingga disaat dehidrasi bagus jika mengkonsumsi garam.

4. Kelenjar Adrenal Rusak

Adrenal merupakan kelenjar yang terletak diatas ginjal. yang mempunyai fungsi salah satunya yaitu memproduksi aldosteron sebagai penyeimbang garam dan potasium. Disaat adrenal anda terganggu, maka akan terhambat produksi aldosteron yang cukup sehingga mengganggu sodium garam. Hal ini berdampak ke tubuh yaitu tubuh kelelahan dan juga hipotensi. Disaat ini lah anda lebih baik mengkonsumsi banyak garam.

Demikianlah kondisi dimana anda tepat mengkonsumsi garam dalam jumlah yang banyak, karena asupan garam sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Like dan share jika menurut anda berguna.



0 komentar