loading...

Saturday, August 19, 2017

8 TIPS KESEHATAN MATA DIJAMIN MATA SEHAT SELALU

8 TIPS KESEHATAN MATA 

By Muhammad Imron,S.Kep,Ns
kesehatan mata

Infuset - Mata merupakan organ penting bagi manusia. Memiliki mata yang sehat adalah keinginan seluruh manusia. Dengan mata sehat kita mampu melakukan aktifitas sehari-hari, dapat menikmati pemandangan indah dunia seisinya. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan mata. Pada artikel kali ini, saya menyajikan berbagai tips kesehatan mata terlengkap yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak ragam penyakit mata yang akan menyerang anda jika anda tidak memperdulikan kesehatan mata anda. Seperti Rabun, baik jauh maupun dekat, Katarak, Buta warna dan lainnya. Kebiasaan buruk yang tanpa anda sadari justru memperburuk kesehatan mata anda. Tips berikut solusi kesehatan mata anda.

yang harus anda lakukan :


1. Makan Sayur Hijau dan mengandung Vitamin A

Sayur merupakan makanan baik untuk tubuh termasuk mata. Menurut seorang dokter mata Rebecca Taylor, M.D., beliau merekomendasikan memakan sayuran berwarna hijau seperti bayam juga kangkung. Sayuran hijau memmpunyai nutrisi lutein dan juga zeaxanthin yang berkhasiat mengurangi berbagai penyakit mata. Selain itu, sayuran yang mengandung banyak vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata anda. Contohnya adalah wortel dan ubi jalar.

2. Jaga Jarak Mata dengan Gadget

Lumrah di zaman era digital sekarang seseorang tidak bisa lepas dengan gadget. Sehingga dapat dipastikan mata bisa lelah karena terlalu lama memandang gadget mulai dari komputer, laptop hingga handphone, ironisnya balita zaman sekarang sudah di cekoki orang tuanya dengan gadget. Sehingga penyakit mata bisa semakin dini menyerang seseorang. Alangkah bijaknya jika anda memakai layar penggelap atau atur kecerahan gadget anda agar tidak terlalu menyilaukan dan merusak mata anda.

3. Penerangan Cukup jika Membaca Buku

Hampir sama dengan masalah gadget, jika anda adalah seorang yang gemar membaca buku, hendaknya atur lampu sedemikian rupa, Jangan membaca ditempat yang kurang pencahayaan dan juga anda harus mengatur jarak ideal mata dengan buku.

4. Berhenti merokok

Anda merokok? Selain berbahaya bagi paru, mata anda juga dalam bahaya. Karena merokok bisa mempercepat katarak. Selain itu mata anda juga kering dan kurang nyaman, pengaruhnya terhadap pembuluh darah juga bisa membahayakan retina mata.


5. Periksa Rutin

Pemeriksaan rutin dalam segala hal tentunya akan berdampak baik, Begitu juga dengan kesehatan mata. Setidaknya anda bisa memeriksakan mata anda sebanyak 2 atau 3 tahun sekali.

6. Jangan Kucek Mata

Setidaknya ada ratusan hingga ribuan kuman ditangan anda, hindari mengucek mata karena mampu mengiritasi mata.

7. Istirahat Jika Mata Lelah

Melakukan aktifitas yang terfokus dengan menatap sesuatu seperti Tv, komputer maupun buku bisa membuat mata lelah. Segera lepaskan pandangan anda ke objek lain jika pandangan anda mulai berasa kabur atau mata perih maupun berair.

8. Pakai Mentimun

Kalau hal ini tentu sudah tidak asing bagi wanita, karena menempelkan irisan buah mentimun dengan cara menutup kelopak mata mampu mengurangi keletihan mata dan mengurangi kantung mata atau yang populer disebut mata panda.

Baca Juga :



    

0 komentar