loading...

Saturday, August 26, 2017

CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK TANPA OBAT

CARA MENURUNKAN DEMAM ANAK TANPA OBAT

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns
Infuset - Demam, merupakan hal yang biasa terjadi pada manusia baik tua, muda bahkan anak balita maupun bayi sekalipun. Akan tetapi kali ini kita akan membahas tentang demam pada anak dan cara menurunkan demam anak tanpa obat-obatan.

Banyak orang tua khawatir jika anaknya mulai mengalami penaikkan suhu tubuh,  dan kebiasaan yang salah adalah buru-buru meminumkan obat penurun panas tanpa tau apakah anaknya benar demam atau tidak. Alangkah baiknya sebelum tergesa gesa memberikan obat penurun panas, terlebih dahulu mengetahui ukuran-ukuran tanda vital yang normal dengan diukur menggunakan thermometer sebagai pengukur suhu tubuh.

Untuk anda yang memiliki anak usia diatas 3 bulan yang baru saja demam tanpa menunjukkan gejala serius, lebih baik menerapkan tips menurunkan demam tanpa obat ini yang tentunya sudah benar oleh paramedis. Berikut caranya :

1. Kompres Air Hangat

Mengapa air hangat? nanti akan dibahas pada artikel yang akan datang mengapa ilmu medis yang dulu menyarankan kompres air dingin berubah menjadi kompres air hangat pada anak yang demam. Apabila terpaksa anak dimandikan, tetaplah menggunakan air yang hangat.

2. Jangan Mengompres dengan Alk*h*l

Terlalu berbahaya untuk dikompres menggunakan alk*h*l karena tidak dianjurkan dan dapat membuat kulit anak alergi.

3. Penuhi kebutuhan Cairan Tubuh

Berikan anak makanan dan minuman yang cukup agar anak tidak mengalami dehidrasi disaat demam

4. Beri Pakaian Tipis

Pakaian tipis efektif menurunkan demam karena suhu tubuh dapat keluar secara lebih leluasa dibanding anak menggunakan pakaian berlapis.

5. Istirahat

Istirahat sangat dibutuhkan oleh anak apabila sedang mengalami demam, maka dari itu anda sebagai orang tua harus membatasi seluruh kegiatan anak.

Kapan orang tua harus memberikan obat penurun panas?

Orang tua hendaknya memperhatikan apa penyebab anak demam, karena demam bukanlah penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit. Jadi, kepekaan orang tua sangat diperlukan agar tidak terburu-buru memberikan obat penurun panas. Karena obat, sebenarnya merupakan racun. Anda tidak ingin menimbun racun ditubuh anak anda?


0 komentar