loading...

Tuesday, November 10, 2015

SEKILAS TENTANG HIPERTENSI / TEKANAN DARAH TINGGI

SEKILAS TENTANG HIPERTENSI / TEKANAN DARAH TINGGI

By.Muhammad Imron, S.Kep,Ns


Assalamualaikum Teman Sejawat..

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi adalah penyakit umum yang diderita oleh mayoritas masyarakat khususnya Indonesia. 

Pengertian Hipertensi yaitu Gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah dan mengakibatkan Tekanan Darah menjadi diatas normal.  (120/80mmHg ).



Tekanan darah Normal seseorang dewasa tidak akan melebihi 140 untuk diastole dan tidak melebihi 90 untuk sistole. Namun patokan tersebut sangat bersifat Individual.

Lantas, apa penyebab Hipertensi? Penyebab pasti saat ini belum diketahui secara akurat. Namun Hipertesi bisa saja terjadi akibat komplikasi dari penyakit utama, seperti penyakit ginjal atau jantung, diabetes, tumor, atau justru dari konsumsi obat-obatan.

Orang seperti apa yang beresiko Hipertensi? Orang yang mempunyai resiko Tekanan darah tinggi yaitu orang yang sudah berumur 60-an bahkan kini lebih muda dari 60, orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan, kurang berolahraga, kurang konsumsi buah dan sayur, minuman keras, terlalu banyak konsumsi kopi, dan faktor keturunan.

Bagaimana Tanda dan Gejala Hipertensi? Tanda dan gejala tekanan darah tinggi biasanya tidak tampak hingga terjadi komplikasi. 

Apa saja Komplikasi dari Hipertensi? Komplikasi Hipertensi yaitu Stroke, Gagal Jantung, dan kerusakan ginjal.

Bagaimana mencegah Hipertensi? Pencegahan Hipertensi bisa dilakukan dengan cara Konsumsi makanan yang sehat, rutin berolahraga, mempunyai berat badan ideal, stop merokok dan minuman keras dan mengendalikan stress.

Demikianlah penjabaran Sekilas Tentang Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi, semoga bermanfaat.

Sumber Foto : Google

Semoga kita sehat selalu

0 komentar