loading...

Friday, November 13, 2015

SEKILAS TENTANG ALERGI

SEKILAS TENTANG ALERGI

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns

Hallo Teman Sejawat..

Alergi adalah bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh akibat adanya sesuatu yang dianggap berbahaya walaupun sebenarnya tidak. 

Menurut Wikipedia, alergi atau Hipersensitivitas adalah kegagalan tubuh dimana tubuh seseorang jadi hipersensitiv dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan yang umumnya imunogenik / antigenik. Alergi bisa merupakan substansi yang masuk ketubuh atau hanya sentuhan.

Alergen atau substansi atau pemicu alergi hanya  berdampak kepada orang yang memiliki  alergi tersebut. Contoh alergen : Serangga, debu, bulu buluan, makanan tertentu dan obat-obatan. Disaat tubuh bersentuhan atau kemasukan alergen, maka tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggap hal tersebut berbahaya dan jika tubuh kembali bertemu dengan alergen yang sama, tubuh meningkatkan produksi antibodi terhadap alergen tersebut. Itulah penyebab pelepasan senyawa kimia tubuh yang menyebabkan gejala alergi.


Gejala Alergi :

- Bersin bersn
- Batuk
- Sesak Nafas
- Ruam kulit
- Terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu

Reaksi alergi setiap orang berbeda. Alergi berat bisa menyebabkan hal yang fatal, seperti Anafilakis, dan menuntut penanganan darurat.

Cara mencegah alergi adalah dengan menghindar diri dari ALERGEN.

Demikianlah Sekilas Tentang Alergi, Semoga bermanfaat.

Sumber Foto :Google




0 komentar