loading...

Friday, November 20, 2015

Profil Obat : DEXAMETHASONE

Profil Obat : DEXAMETHASONE

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns



Dexamethasone adalah beberapa dari salah satu obat obatan yang populer di masyarakat. Obat anti peradangan ini, cukup sering digunakan masyarakat, tetapi mungkin nasih banyak yang belum mengetahui seluk beluk Dexamethasone ini. Berikut penjabaran tentang profil obat Dexamethasone.

Dexamethasone termasuk golongan obat Kortikostreroid. 

Cara kerja obat Dexamethasone ini   yaitu dengan mencegah pelepasan zat dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Biasanya Dexamethasone juga digunakan sebagai obat mengatasi mual dan muntah akibat Kemoterapi.

DEXAMETHASONE

Jenis Obat : Kortikosteroid
Golongan Obat : Resep
Peruntukan : Anak-anak dan dewasa
Bentuk sediaan : Tablet, suntik, infus, 
Manfaat : Atasi Alergi, mengobati peradangan/ inflamasi, mengatasi perasaan mual muntah saat Kemoterapi, meredakan pembengkakan otak, mendiagnosis Cushing, atasi edema makula.


Peringatan :
- Hati-hati jika anda Hipertensi, TB, Diabetes, radang lambung, penyakit ginjal, gagal jantung, katarak, glaukoma, tiroid dan penyakit hati.
- Konsultasikan pada dokter jika anda hamil, sedang hamil dan menyusui.
- Megkonsumsi Dexamethasone artinya melemahkan sistem kekebalan tubuh, artinya hindari kontak dengan penderita atau pengidap penyakit menular.
- Beri tahu dokter apabila anda sedang atau baru saja mendapatkan vaksin.
- Hubungi dokter jika terjadi alergi.

Efek Samping Dexamethasone
- Badan lemah
- Gangguan pada pola tidur
- Sakit kepala hingga Vertigo
- Berkeringat
- Berjerawat
- Perubahan suasana hati
- Sering buang air kecil / BAK
- Mudah haus
- Nyeri pada otot
- Sakit perut

Dosis yang dianjurkan :
Dosis yang diberikan tergantung dengan penyakit yang ditangani, bahkan bagi anak, berat badan juga menjadi perhitungan dalam dosis yang akan diberikan.

Sumber Foto : Google

Demikianlah sekelumit Profil Obat DEXAMETHASONE, bijaklah dalam mengkonsumsi obat. sampai bertemu lagi di profil obat selanjutnya.

0 komentar