loading...

Saturday, October 7, 2017

CARA MERAWAT GIGI YANG BENAR

CARA MERAWAT GIGI YANG BENAR

CARA MERAWAT GIGI YANG BENAR
Infuset - Sudah menggosok gigi 2x sehari tetapi  masih mempunyai masalah pada mulut gusi dan gigi? Itu artinya anda masih salah dalam merawat gigi yang benar. Tidak seperti bagian tubuh yang lain, gigi adalah bagian dari tubuh yang tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri. Oleh karena itu anda harus tahu cara merawat gigi yang benar serta tips - tips merawat gigi yang baik. Bagaimana tipsnya? Simak jabarannya dibawah ini.


Untuk mendapatkan gigi yang sehat, anda harus menggosok gigi minimal 2x sehari yaitu pada malam hari ketika hendak tidur atau saat anda sudah yakin tidak akan mengunyah suatu makanan lagi, dan juga pada pagi hari setelah sarapan. Namun itu saja tidak cukup. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menggosok gigi yaitu :

1. Jadikan bagian rutinitas. 

Sudah sangat jelas, jadikanlah gosok gigi sebagai sesuatu hal yang wajib dilakukan. Jangan menunggu mulut gusi dan gigi bermasalah. Buang rasa malas menyikat gigi minimal 2x sehari.

2. Jangan terlalu sering.

Selain minimal 2x sehari, ternyata terlalu sering menyikat gigi juga berdampak buruk bagi gigi. Menggosok gigi hingga lebih 3x sehari berdampak pada rusaknya lapisan email gigi dan dapat menimbulkan masalah pada gusi.

3. Jangan terlalu keras

Menyikat gigi dengan keras memang dirasa mampu membersihkan gigi secara lebih menyeluruh. Akan tetapi menyikat gigi dengan terlalu keras sangat tidak dianjurkan oleh para ahli karena mampu membuat gigi anda rusak dan beresiko membuat gusi berdarah.

4. Jangan buru - buru

Menggosok gigi secara terburu - buru akan meninggalkan sisa sisa makanan yang masih tersangkut didalam mulut yang akan menimbulkan masalah seperti gigi berlubang dan juga bau mulut. Oleh karena itu menggosok gigi hendaknya perlahan, agar seluruh gigi dapat dibersihkan menyeluruh hingga bagian bagian yang sulit terjangkau seperti sela sela gigi geraham.

5. Menggosok gigi dengan teknik yang benar

Peganglah sikat gigi anda dengan sudut 45 derajat dari gusi, dan mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang lainnya, sikat dengan gerakan melingkar dari atas kebawah hingga 20 detik untuk masing masing bagian, sikatlah setiap bagian gigi yang lain mulai dari bagian gigi yang sering dipakai mengunyah, gigi yang dekat pada pipi dan lidah, dilanjutkan hingga gigi bagian depan. Cara menggosok gigi yang benar adalah secara melingkar dan bukan dengan gerakan lurus kekiri kekanan karena dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada gigi. Setelah merasa bersih berkumurlah dengan air atau lebih bagus jika dengan cairan antisetik yang telah teruji bagus untuk kesehatan gigi gusi dan mulut.

Setelah anda mengetahui cara gosok gigi yang benar diatas, untuk kesehatan gigi gusi dan mulut lebih maksimal anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini :


1. Hindari minum kopi dan anggur merah. Karena minuman tersebut meninggalkan noda pada gigi apabila tidak dibersihkan secara benar.

2. Ganti sikat gigi dengan yang baru secara periodik. Jangan menunggu bulu sikat gigi anda mekar tak beraturan, anda bisa mengganti sikat gigi sebulan sekali atau maksimal 3 bulan untuk satu sikat gigi.

3. Makan sayuran, sudah menjadi rahasia umum bahwa sayur sayuran baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi gusi dan juga mulut.

4. Say No To rokok. Karena akan membuat gigi anda menjadi kuning.

5. Periksakan rutin gigi ke dokter gigi minimal sekali dalam setahun atau sesuai anjuran yaitu 2x dalam setahun

Itulah sederet cara maupun tips merawat gigi yang benar. Tips ini berlaku secara umum, dan mungkin tidak sesuai dengan suatu keadaan tertentu, sampai jumpa diartikel tips kesehatan lainnya.

BACA JUGA


0 komentar