loading...

Wednesday, October 11, 2017

5 FAKTA TENTANG CUCI TANGAN

5 FAKTA TENTANG  CUCI TANGAN

Infuset - Mencuci tangan adalah suatu kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh manusia. Mencuci tangan adalah bentuk dari kepedulian akan kebersihan dan kesehatan diri. Tindakan cuci tangan dilakukan, ketika tangan terasa dirasa atau terlihat kotor.

Kegiatan mencuci tangan kadang terasa sepele. Namun ternyata ada beberapa fakta yang mencengangkan dibalik cuci tangan. Seberapa pentingkah mencuci tangan? Berikut 5 fakta tentang cuci tangan yang perlu anda ketahui :



1. Jutaan kuman ada ditangan

Ketika tangan kotor, kuman dengan mudah berkembangbiak secara cepat ditangan, baik itu telapak tangan,sela jari maupun dibalik kuku. Semua itu akan menyebabkan penyakit apabila tangan tidak dicuci dan langsung menyentuh makanan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa setiap sentimeter persegi kuku menyimpan sekitar 4 juta kuman yang diantaranya kuman penyebab penyakit tenggorokan atau Streptococci, Kuman penyebab infeksi saluran pernafasan atas atau Avian Influenza, dan kuman kuman lainnya.

2. Tangan kotor sebabkan infeksi

Tahukah anda, selain tempat berkembangbiaknya kuman, tangan yang kotor juga dapat sebabkan infeksi, seperti sudah dijelaskan pada penjelasan nomer 1, kuman yang terdapat ditangan akan terbawa kedalam tubuh terutama lewat mulut dan pernafasan. Selain itu, tangan kotor juga mampu sebabkan infeksi pada bagian tubuh yang luka, apabila tangan yang kotor menyentuh bagian luka tersebut.

3. Hand Santitizer saja tidak cukup

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan handsanitizer saja tidak cukup, karena beberapa kuman masih tidak mati. Itu sebabnya membersihkan tangan yang paling baik adalah dengan mencuci tangan dengan air mengalir.

4. Cuci tangan minimal 45 detik

Ada iklan sabun cuci tangan yang katanya mampu membunuh kuman cepat tidak perlu waktu lama, itu sah-sah saja Karena mungkin mereka sudah menelitinya. Akan tetapi mencuci tangan yang benar itu adalah dengan membersihkan tangan bagian telapak, sela seluruh jari, kuku, yang jika dilakukan semua akan memakan waktu 45 menit bahkan lebih.

5. Ada langkah tepat cuci tangan

Kalau poin yang terakhir ini beberapa kali mengalami perubahan, ada pernah disebutkan 6 langkah mencuci tangan yang benar menurut WHO, kemudian berubah 7 langkah, 10 langkah bahkan lebih dari 10 langkah. Perbedaan tersebut janganlah dibikin rumit, karena inti dari penjelasannya adalah mencuci tangan dengan sabun dan pada air mengalir. Pada artikel tips kesehatan berikutnya akan kita bahas tentang langkah cuci tangan yang tepat dan benar baik itu yang 6 langkah, 7 langkah, 10 langkah, maupun yang lebih. Asal jangan 1000 langkah atau langkah 1000 ya...

Demikianlah penjelasan tentang 5 fakta  tentang cuci tangan, apabila dirasa artikel ini penting, silahkan share ke teman anda dan jika anda ingin tau tentang artikel terupdate dari blog ini, silahkan masukkan email anda di kolom submit artikel yang telah disediakan. Terimakasih.

0 komentar