loading...

Thursday, September 3, 2020

Resiko Terkena Covid 19 meningkat saat kekurangan Vitamin D ?







Infusetblog - Masih seputar Covid 19, banyak sekali berita Simpang siur tentang Corona. Baik itu berita yang belum teruji kebenarannya hingga yang asli hoax. Tentu akan menimbulkan berbagai keresahan masyarakat. Salah satunya tentang Kekurangan Vitamin D apa benar meningkatkan resiko terkena Covid 19?

Seperti kita ketahui, vitamin D bisa didapat dari matahari pagi. Berjemur di matahari pagi bagus untuk kesehatan dan kembali marak saat awal masa pandemi Covid 19. Menurut sebuah studi, kadar vitamin D yang rendah dalam plasma bisa meningkatkan resiko infeksi Covid 19 !

Studi tersebut menyimpulkan Lebih dari 50% partisipan studi yang terkonfirmasi positif menderita Covid 19, memiliki kadar 25 (OH) D yang rendah. Masih bingung? Bahasa singkatnya adalah, orang positif covid-19, vitamin D dalam tubuhnya rendah!

Kesimpulannya, benar jikalau manusia kekurangan vitamin D akan meningkatkan resiko terinfeksi virus Sars-cov2 atau biasa kita sebut Corona. Jadi berjemur dibawah matahari pagi memang menjadi salah satu upaya kita agar mencegah terinfeksi dari virus Corona.

Manfaat berjemur di pagi hari tentu bukan hanya untuk mencegah Corona, ada beberapa hal lain tentang manfaat berjemur di pagi hari. Sebelum membahas manfaat, ada baiknya kita tahu jam berapa sih berjemur yang baik. 

Berjemur yang baik untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi adalah sekitar pukul 9 hingga 10 pagi. Secara umum, menurut WHO, telah mengelompokan indeks UV (ultra violet) menjadi 1-10, dimana 1 merupakan kadar UV yang paling rendah (jam 09.00-10.00 pagi) dan 10 adalah kadar UV yang paling tinggi (di atas jam 10.00 pagi). 

Manfaat Berjemur 

Manfaat berjemur di pagi hari dibawah sinar matahari pagi adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Kandungan vitamin D yang terbentuk oleh paparan sinar matahari pagi dapat membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit, salah satunya flu.

Manfaat berjemur di pagi hari lainnya selain meningkatkan sistem imun adalah meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D yang didapat dari sinar matahari pagi mempunyai manfaat merangsang penyerapan kalsium dan fosfor yang dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Selain dua manfaat diatas, masih ada manfaat lain dari sinar matahari pagi seperti 
Saat sinar matahari pagi mengenai mata, sebuah pesan dikirim ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormon yang menimbulkan rasa mengantuk dan membantu Anda tidur. Cocok untuk anda yang sedang sulit tidur.

Kesimpulan akhir

Orang yang positif terinfeksi Corona memiliki kadar vitamin D yang rendah didalam tubuhnya. Itu artinya memiliki kadar vitamin D yang cukup menjadi salah satu upaya pencegahan tertularnya Covid 19.

Berjemur dibawah sinar matahari pagi tidak membunuh virus Corona! suhu panas di atas 56 derajat celcius dapat membunuh sejumlah virus, seperti virus SARS, flu burung dan Influenza. Tetapi belum ada penelitian tentang suhu panas dapat membunuh virus Covid 19

Patuhi protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, jaga jarak !


1 komentar

michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.