loading...

Sunday, September 27, 2020

Penyakit Asam Lambung : Tips Pengobatan dan lainnya




Infuset - Asam lambung, sering disepelekan karena dianggap merupakan penyakit ringan. Tahukah kalian bahwa penyakit ini jika diabaikan bisa membawa kematian ? Yuk simak penjelasan mengenai penyakit asam lambung, mulai dari pengertian, pencegahan serta tips pengobatan dan lainnya.

Asam lambung dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pencernaan. Fungsi lain dari asam lambung adalah membunuh kuman, bakteri, dan segala mikroorganisme yang masuk ke saluran pencernaan. Namun jika produksi asam lambung terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah. Paragraf diatas kita sebutkan Asam Lambung naik bisa membawa kematian, akan tetapi bukan berarti Asam Lambung penyebab kematian.

Menurut dr. Velma Herwanto Sp.Pd , asam lambung meningkat memang tidak penyebab kematian seseorang, akan tetapi naiknya asam lambung bisa menyebabkan suatu komplikasi penyakit yang akan mengarah serta memperburuk kesehatan seseorang yang akan berakibat kematian. Naiknya asam lambung atau GERD(Gastro Esophageal Reflux Disease , bisa terjadi kepada siapa saja.

Secara anatomi perbatasan antara ujung kerongkongan dan lambung didapati sebuah pembatas berupa klep, apabila asam lambung yang diproduksi terlalu banyak dan mengakibatkan dorongan keatas dan melewati perbatasan lambung dan kerongkongan, maka sensasi panas didada akan dirasakan penderita Gerd.

Asam lambung berbahaya jika Produksinya berlebihan, selain berlebihan asam lambung juga berbahaya jika berada tidak pada tempatnya.

Ciri naiknya asam lambung adalah nyeri ulu hati dan rasa sensasi panas terbakar di bagian dada, mulut dan kerongkongan terasa tidak enak. Penyakit asam lambung sering dianggap penyakit maag, memang maag adalah penyakit yang salah satu cirinya asam lambung naik.

Penyebab Asam Lambung Naik

1. Pola makan
2. Stres

Makanan Minuman penyebab naiknya asam lambung atau biasanya disebut sebagai Pantangan Untuk Penyakit Asam Lambung

1. Makanan tinggi lemak
2. Gorengan
3. Makanan bersantan
4. Makanan pedas
5. Makanan Asin
6. Makanan Asam
7. Minuman Cafein
8. Minuman Soda
9. Air Lemon
10. Air kelapa
11. Minuman Beralkohol
12. Merokok
13. Brokoli
14. Kubis
15. Kol
16. Kacang kacangan
17. Bawang
18. Coklat

Tips Cara mengurangi sensasi terbakar akibat asam lambung naik :

1. Duduk jangan rebahan
2. Jangan stres karena stres bisa membuat produksi asam lambung meningkat
3. Minum air putih hangat, bukan teh atau kopi
4. Sedia obat dirumah agar jika Gerd kambuh disaat genting, anda bisa segera melakukan tindakan pertama sebelum berkunjung ke dokter.
5. Konsumsi Vitamin B Compleks
6. Jika serangan Gerd muncul saat berdiri, maka segera duduk.
7. Jika harus segera tidur, tinggikan posisi bantal 30 hingga 45 derajat.
8. Jangan langsung tidur setelah makan.

Mitos Fakta Seputar GERD :

1. Makanan cepat saji (fast food) menyebabkan naiknya asam lambung ternyata MITOS. Makanan cepat saji tidak langsung menyebabkan produksi asam lambung berlebihan, makanan cepat saji akan lebih membuat tubuh menjadi gemuk atau obesitas dan dari obesitas tersebut yang dapat mengakibatkan Gerd

2. Gerd tidak Sebabkan kematian ternyata FAKTA. Gerd hanyalah pencetus yang akan memperburuk penyakit lain yang diderita seseorang. Bukan sebagai penyebab kematian.  

Cara mengobati Asam lambung naik dirumah : 

Selain melakukan cara mengurangi sensasi terbakar didada saat dirumah yang tertulis diatas, ada lagi bahan bahan alami dirumah yang dapat mengobati Gerd

1. Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengurangi rasa nyeri ulu hati
2. Licorice
3. Teh Chamomile

Tentu saja tips ataupun bahan alami yang disebut diatas tidak bisa menggantikan peran dokter dalam pengobatan Gerd ya.


1 komentar

michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.