loading...

Saturday, October 3, 2020

Kalimantan Selatan : Covid 19 masih banyak muncul lagi DBD dan ISPA




Infusetblog - Sebagai blogger Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan, perihal terjadinya perubahan cuaca cukup ekstrim selalu berdampak pada kesehatan. Ditahun 2020 ini, dimana Covid 19 masih cukup banyak terjadi, cuaca di Kalimantan Selatan khususnya termasuk aneh.

Mulai Agustus , yang biasanya masih musim kemarau, di 2020 ini sudah mulai ada hujan, hingga masuk September. Namun tidak bisa disebut musim hujan karena juga ada beberapa hari yang panasnya sangat menyengat kulit. Potensi kebakaran lahan pun sangat besar. Ditandai seringnya lalu lalang helikopter dari pihak pemadaman kebakaran lahan. 

Kebakaran lahan sama dengan munculnya penyakit ISPA yang identik dengan musim kemarau. Tapi, karena juga ada hujan yang cukup besar hingga beberapa hari selalu hujan, potensi demam berdarah juga muncul. Hingga suatu hari Surveilans tempat bekerja menyatakan suatu titik fokus untuk dilakukan fogging karena terjadinya beberapa kasus demam berdarah Dengue bahkan masih bertetangga satu sama lainnya.

Disini memang faktor cuaca berperan tentang timbulnya suatu penyakit. Bahkan di cuaca dan musim yang aneh ini , sesuatu yang bertolak belakang bisa muncul berdampingan. ISPA saat kemarau, DBD saat musim hujan, bisa muncul persis beriringan di Kalimantan Selatan saat artikel ini publish.

Tetap jaga kesehatan, konsumsi makanan bergizi seimbang, rajin berolahraga, patuhi protokol kesehatan, jangan stres, banyak berdoa. Semoga kita selalu dalam lindunganNya.


1 komentar

michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.