loading...

Thursday, September 27, 2018

Tips Lulus Uji Kompetensi Perawat

Tips Lulus Uji Kompetensi Perawat 



Infuset - Lulus Uji Kompetensi Perawat adalah idaman seluruh mahasiswa yang telah menyelesaikan jenjang perkuliahan jurusan keperawatan baik itu Diploma 3 maupun Sarjana Profesi. Karena dengan lulusnya ukom (uji kompetensi), itu berarti salah satu syarat untuk bisa bekerja sudah didapatkan yaitu STR. Tips lulus uji kompetensi perawat akan dibagikan pada artikel ini. 



Sebelum tips ini dijabarkan, infuset blog akan menerangkan bahwa tips lulus uji kompetensi perawat ini akan dibagi beberapa artikel. Sehingga akan fokus membahas poin per poin tips yang akan diberikan.

Pada tips lulus uji kompetensi perawat ini, kita akan fokus pada soal uji kompetensi perawat. Karena kita akan mengenali dulu struktur soal soal ukom yang sudah pernah di ujikan.

Umumnya soal dibagi menjadi 3 bagian. Bagian bagian tersebut diantaranya adalah seperti diterangkan dibawah ini

1. Vignete 

Vignete adalah bagian soal uji kompetensi berupa uraian kasus. Jumlah kata dalam vignete sebanyak 20 - 60 kata, rata-rata 40 - 50 kata. Kata-kata ini terdiri dari mulai identitas, pengaturan perawatan, keluhan, data yang menunjang jawab, pengalih perhatian data, tanda vital, pemeriksaan penunjang lainnya. Intinya, vignete merupakan bentuk uraian soal / suatu kasus.

Contoh soal uji kompetensi perawat :

Seorang pria usia 65 tahun,  tinggal bersama istri. Hasil pengkajian  didapatkan data bahwa klien tidak dapat menahan BAK, sering ngompol sebelum sampai kekamar mandi terutama pada malam hari, merasa dirinya sudah tidak berguna lagi karena sering dimarahi istri.  

Hasil pemeriksaan : TD:130/80 mmHg,  BB 65kg, TB 165 cm. 

Tips pada Vignete : Acuhkan hal hal yang tidak masuk akal, atau bukan prioritas utama dalam suatu kasus seperti penjelasan, hampir semua pilihan jawaban tepat. Namun ada beberapa yang tidak prioritas utama atau masalah utama. Tipsnya cari masalah keperawatan yang pertama kali ditangani, abaikan kalimat klien merasa dirinya sudah tidak berguna lagi, abaikan juga data pemeriksaan tanda tanda vital selama tidak ada kalimat keluhan sakit fisik seperti nyeri, demam, dan keterangan lain seperti tekanan darah tinggi

2. Pertanyaan

Pertanyaan adalah bagian kedua dari suatu soal ukom perawat. Merupakan kalimat tanya yang menanyakan "sesuatu" pada bagian vignete.

Tips : bagian inilah yang seharusnya menjadi fokus utama, bagian pertama yang dibaca dari sebuah soal. Sehingga kita tidak perlu membaca vignete keseluruhan. Karena akan menghabiskan waktu. Jika kita sudah faham apa yang dicari, kita tinggal mencari di vignete. 

Pertanyaan dari vignete diatas :

Masalah utama keperawatan apa pada kasus diatas?

Itulah bagian pertama yang anda baca, kemudian lanjutkan dengan membaca vignete, tanpa perlu terlalu lama memahami soal. Tak perlu lah membaca kalimat pertama pada vignete karena contoh vignete diatas adalah hanya "pemanis" cerita saja. 

3. Jawaban

Bagian terakhir dari soal uji kompetensi perawat adalah pilihan jawaban. Terdiri dari lima pilihan, a, b, c, d, dan e. Bahkan dibeberapa kasus, semua pilihan jawaban benar semua. Tetapi yang dipilih sebagai jawaban benar adalah hal yang utama, prioritas utama, atau masalah keperawatan utama yang harus dilakukan. 

Tips : Jangan gampang terkecoh dengan pilihan, karena bisa saja semua jawaban benar, dan dari jawaban yang seluruhnya benar tersebut, anda harus memilih yang paling tepat.

Pilihan jawaban dari vignete diatas :

A. Cemas
B. Isolasi social
C. Koping tidak efektif
D. Gangguan pola eliminasi
E. Gangguan gambaran diri

Jika anda kurang teliti, anda akan terkecoh dengan pilihan jawaban A, karena kasus / vignete menceritakan bahwa klien merasa tidak berguna. Secara pikiran, anda akan terbawa pada pilihan jawaban Cemas. Bahkan seluruh jawaban, jika dipikir pikir, akan "nyangkut" di vignete. 

Tips : pilihlah jawaban yang paling tepat yaitu sesuatu yang pertama kali harus dilakukan.

Seorang pria usia 65 tahun,  tinggal bersama istri. Hasil pengkajian  didapatkan data bahwa klien tidak dapat menahan BAK, sering ngompol sebelum sampai kekamar mandi terutama pada malam hari, merasa dirinya sudah tidak berguna lagi karena sering dimarahi istri.  

Hasil pemeriksaan : TD:130/80 mmHg,  BB 65kg, TB 165 cm.

Masalah utama keperawatan apa pada kasus diatas?

A. Cemas
B. Isolasi social
C. Koping tidak efektif
D. Gangguan pola eliminasi
E. Gangguan gambaran diri

Jawaban : D

Kesimpulan dari Tips Lulus Uji kompetensi :

- urutan yang dibaca pada 3 bagian soal adalah : 
1. Baca Pertanyaan dan Pahami.
2. Setelah Paham, Baca Vignete, abaikan hal yang kurang penting. 
3. Pilih jawaban yang paling tepat, bukan memilih jawaban yang benar. Karena ada beberapa soal yang menyajikan pilihan jawaban semuanya benar.

Itulah tips lulus uji kompetensi perawat yang bisa infuset blog jabarkan. Salah khilaf mohon maaf jika dalam penjelasan sedikit belepotan. 

Karena ini sifatnya berbagi, semoga bermanfaat, dan semoga semua lulus uji kompetensi perawat. Terimakasih


1 komentar

michelle said...
This comment has been removed by a blog administrator.