loading...

Monday, February 8, 2016

PENYAKIT BIDURAN

PENYAKIT BIDURAN ( urtikaria )

By.Muhammad Imron,S.Kep,Ns





Biduran, atau dalam istilah medis disebut Urtikaria atau juga dalam bahasa daerah Banjar ( Kalimantan ) disebut Baliman, adalah reaksi kulit yang muncul mirip dengan gigitan nyamuk atau serangga tetapi dengan bentuk yang lebih besar. 


Munculnya bilur ( bahasa Banjar = Bial ) terjadi karena kulit melepaskan histamin dengan kadar yang tinggi sebagai suat reaksi. Biasanya Urtikaria disebabkan oleh alergi sebagai penyebabnya.

Tetapi bukan hanya alergi yang menjadi penyebab Biduran, masih banyak penyebab lain, diantaranya yang disebabkan oleh makanan sepeti Cokelat, kacang, susu, Sea Food, gandum dan telur. Selain makanan tersebut penyebab Biduran yang lain bisa berasal dari obat-obatan, seperti Aspirin, Antibiotik, Ibuprofen, atau Obat anti Hipertensi. Nah, selain dari faktor makanan atau obat, faktor Lingkungan juga bisa memunculkan penyakit Biduran, seperti cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin. Penyebab lain diantaranya akibat kontak dengan binatang berbulu, hepatitis, demam kelenjar, pemanis pewarna penguat dan pengawet makanan, hingga stress termasuk sebagai penyebab urtikaria.

Hal yang dihindari ketika gejala Biduran muncul adalah jangan memakai pakaian yang ketat, agar area gatal tidak tertutup, hindari menggaruk, dan hindari faktor pemicu urtikaria seperti yang disebutukan pada paragraf sebelumnya.


picture search on google "biduran"

Urtikaria dibagi menjadi dua yaitu Biduran Akut dan Biduran Kronis, Ingat prinsip Akut dan Kronis, Akut tidak terjadi lebih dari 6 bulan, sedangkan Kronis terjadi lebih dari 6 bulan, prinsip Akut Kronis ini berlaku untuk penyakit apa saja. Untuk Biduran Akut dapat diobati dengan obat Antihistamin untuk hentikan rasa gatal seperti Cetrizine, Loratadine. Sedangkan apabila Biduran akut terlampau parah bisa menggunakan obat jenis kortikosteroid seperti Prednisolone.

Untuk Biduran Kronis, Bisa diobati dengan Antihistamin H1 dan H2, contoh obatnya Rupatidine. Selain itu Biduran kronis juga bisa diberikan obat Kortikosteroid, Obat Omaluzimab, dan Terapi Cahaya UV B. 

Komplikasi dari Biduran ada dua, yaitu Anafilaksis dan Angioedema. Anafilaksis adalah alergi tiba tiba yang cukup parah bahkan ekstrim. Gejala Anafilaksis seperti Bengkak kelopak mata, Detak jantung cepat, muntah dan mual. Sedangkan Angioedema adalah pembengkakan lapisan kulit dalam.

Demikianlah artikel mengenai Penyakit Biduran ( Urtikaria ) ( Baliman ), semoga bermanfaaat bagi pembaca. Terima Kasih.

Sumber Foto : Google.

0 komentar